Langsung ke konten utama

Kelebihan dan Kekurangan Brizzi BRI Apa Saja?

Cerita Rahma | Seperti kita tahu Brizzi BRI adalah salah satu kartu uang elektronik atau e-money. Kartu ini memiliki berbagai fungsi, seperti untuk membayar tol, parkir, membayar belanja di Alfamart, Indomart dan lainnya.

Brizzi bisa dibeli di Alfamart maupun secara online. Biasanya dijual dengan harga mulai dari 25.000 rupiah. Tergantung desain. Untuk design khusus biasanya agak lebih mahal.

Untuk membeli Brizzi secara online, kamu bisa cek di Shopee maupun Tokopedia. Kemudian cari toko dengan nama BRI Official Shop.

Karena bank BRI menjual kartu Brizzi secara online melalui akun tersebut.

Contoh, jika ingi beli Brizzi di Shopee dari toko resmi, maka kamu bisa kunjungi halaman BRI Official Shop Shopee.

Disana bisa kamu dapatkan kartu Brizzi dengan berbagai design, contohnya tema khusus hari ibu seperti terlihat pada gambar berikut ini.


Lalu Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan BRIZZI BRI?

Setelah membandingkan dengan beberapa kartu e-money lain seperti Flazz, E-Money Mandiri, dan Tapcash.

Ada beberapa kekurangan dan kelebihan dari kartu e-toll Brizzi yang mungkin perlu kamu tahu, diantaranya adalah:

Kelebihan

  1. Mudah didapat, kita bisa beli di Alfamart maupun online di Shopee atau Tokopedia.
  2. Tidak ada masa berlaku penggunaan saldo, sehingga saldo yang tersimpan pada kartu tidak akan hangus.
  3. Masa aktif kartu panjang, yaitu 10 tahun sejak top up terakhir.
  4. Mudah untuk top up, bisa top up online melalui Tokopedia, Shopee, BukaLapak, aplikasi LinkAja dan lainnya. Tentu saja bisa di ATM jika kamu memiliki kartu ATM bank BRI.
  5. Bisa top up Brizzi lewat bank lain. Misalnya Mandiri, BNI, BTN, BCA dan lainnya. Melalui transfer antar bank ke BRI dengan no rekening yang digunakan adalah no kartu Brizzi.

Kekurangan

  1. Jika isi tidak langsung dari ATM BRI, maka tidak bisa update saldo di ATM. Ini cukup merepotkan, terutama jika tidak punya HP dengan NFC. Maka setelah top up online harus update saldo di mesin EDC.
  2. Tidak ada menu cetak history transaksi Brizzi di ATM. Hanya bisa cek melalui aplikasi Brizzi atau BRI mobile. Berbeda dengan e-money Mandiri bisa cek riwayat pemakaian kartu e-toll di ATM.
Memang lebih banyak kelebihannya dibanding kekurangan.

Tetapi, update saldo Brizzi di ATM menurut saya sangat penting. Karena tidak semua orang memiliki HP dengan NFC.

Misalnya jika kita membeli saldo Brizzi di Shopee lalu tidak ada HP dengan NFC maka untuk mengupdate saldo (aktivasi deposit) harus cari mesin EDC BRI. Biasanya ada di agen BRILink atau Indomaret maupun Alfamart.

Yang kedua adalah tidak ada menu cetak history transaksi kartu Brzzi di ATM. Ini juga sebetulnya sangat penting.

Terutama jika kita top up online, kemudian tidak ada saldo deposit yang masuk sehingga tidak bisa update saldo Brizzi, maka tanpa struk bukti transaksi akan lebih sulit membuktikannya.

Berbeda dengan e-money Mandiri, dimana kita bisa cetak sendiri riwayat pemakaian kartu di ATM, sehingga jika ada kendala. Misalnya isi ulang kartu e-money, saldo tabungan terpotong tapi saldo kartu tidak bertambah, bisa dengan mudah membuktikan melalui riwayat transaksi kartu tersebut.

Demikianlah beberapa hal baik kelebihan maupun kekurangan kartu Brizzi BRI yang perlu kamu tahu. Hal ini saya dapatkan ketika membandingkan kartu Brizzi dengan kartu e-money Mandiri, Flazz maupun Tapcash.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Saldo Brizzi Lewat LinkAja Ga Pakai Ribet

Cek saldo Brizzi lewat LinkAja bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang memiliki HP dengan NFC. Karena cukup install aplikasi LinkAja, lalu daftar pakai nomor handphone aktif. Setelah memiliki akun LinkAja kemudian, kita bisa dengan mudah mengecek sisa saldo kartu Brizzi dari HP menggunakan aplikasi tersebut kapan saja dimana saja 24 jam. Tentu hal ini sangat membantu ketika akan menggunakan kartu Brizzi untuk membayar tol, kemudian ingin tahu berapa sisa saldonya. Untuk memastikan saldo pada kartu e-toll Brizzi cukup untuk membayar tol sampai tujuan. Tanpa harus repot ke mesin ATM BRI atau mencari mesin EDC BRI yang biasanya ada di Alfamart atau Indomaret. Kan ga lucu, pas mau bayar tol tau-tau saldonya kurang :) Meskipun belum pernah mengalami sendiri, tapi sudah beberapa kali menemukan kejadian begini. Bahkan terakhir sampai minta bantuin untuk isi saldo kartu e-toll dia. Cara Cek Saldo Brizzi Lewat LinkAja di HP Cukup Tempel Ga Pakai Ribet Aktikan NFC. Buka aplikasi LinkAja. Jika

OVO Jadi Metode Pembayaran Resmi di Lazada, Belanja Bayar Pakai OVO Jadi Mudah

Saya kurang tahu kapan tepatnya OVO menjadi metode pembayaran resmi di Lazada. Tapi kalau tidak salah sejak pertengahan Desember 2020. Dulu kalau mau bayar Lazada menggunakan OVO harus pakai cara transfer ke virtual account BNI. Dan kelemahannya adalah ada biaya admin 2.500 per transaksi. Selain itu hanya akun OVO Premier atau yang sudah upgrade yang bisa membayar pakai cara tersebut. Tapi setelah OVO jadi metode pembayaran resmi di Lazada, masalah tersebut tidak akan kita temukan lagi. Karena cukup hubungkan akun OVO ke Lazada kemudian bisa langsung kita gunakan untuk transaksi pembayaran pesanan di Lazada. Sama seperti membayar Lazada pakai DANA. Kita harus tautkan dulu akun DANA ke Lazada. Namun bedanya adalah untuk OVO, nomor yang bisa dihubungkan ke Lazada harus sama dengan nomor HP yang kita pakai untuk membuat akun Lazada. Jika kedua nomor berbeda maka tidak bisa, mau tidak mau harus mengalah salah satu, apakah membuat akun OVO baru atau mengganti nomor HP di Lazada supaya sama