Bagaimana cara mengubah metode pembayaran di Lazada? ini yang menjadi pertanyaan ketika pertama kali belanja online di Lazada lewat HP.
Sebetulnya Lazada sama saja seperti marketplace lain misalnya Shopee. Dimana kita bisa mengganti metode pembayaran jika pesanan belum selesai dibuat.
Jika sudah buat pesanan maka tidak bisa ubah atau mengganti ke pembayaran lain, kecuali kita membatalkan pesanan di Lazada terlebih dahulu.
Nah yang menjadi masalah adalah kita tidak bisa batalkan pesanan di Lazada jika belum terbayar, sedangkan tujuan pembatalan adalah untuk mengganti metode pembayaran. Bingung?
Tidak perlu bingung, saya akan contohkan lebih sederhana supaya bisa lebih mudah dimengerti.
Contoh
- Budi membuat pesanan di Lazada untuk sebuah produk baju anak.
- Metode pembayaran yang dia pilih adalah transfer bank BCA.
- Kemudian setelah pesanan selesai dibuat, akan muncul nomor virtual account BCA untuk membayar tagihan tersebut.
- Karena ada kendalah, akhirnya Budi tidak bisa membayar Lazada via BCA.
- Akhirnya Budi ingin mengubah metode pembayaran via Indomaret karena ada uang cash dan BCA tidak bisa transfer.
Buat pesanan baru dengan produk yang sama dari penjual yang sama, namun pada metode pembayaran ubah menjadi Indomaret bukan lagi BCA.
Pesanan Lazada non cod yang tidak terbayar dalam waktu 24 jam maka akan batal otomatis. Jadi tidak perlu membatalkan pesanan secara manual karena memang tidak akan bisa jika kita belum melunasi pembayarannya.
Jika Pesanan Sudah Terlanjur Dibayar Apa Bisa Kita Batalkan?
Jika masih diproses penjual, belum dikemas atau siap kirim maka pesanan tersebut bisa dibatalkan pembeli. Namun untuk proses pengembalian dana atau refund membutuhkan waktu 3 sd 5 hari kerja.
Jadi Bagaimana Cara Mengubah Metode Pembayaran Di Lazada?
- Pada halaman metode pembayaran tap Lihat Semua Metode.
- Kemudian silahkan pilih pembayaran apa yang ingin kamu gunakan.
- Setelah terpilih, tap buat pesanan. Selesai.
Kesimpulannya
Kita bisa mengganti metode pembayaran di Lazada jika pesanan belum selesai dibuat. Jika pesanan sudah kita buat dan belum membayar maka solusinya buat pesanan baru.
Namun jika sudah buat pesanan dan sudah membayar, maka bisa batalkan pesanan di Lazada terlebih dahulu tetapi uang baru akan masuk setelah proses pengembalian dana dari Lazada selesai, dan ini tidak berlangsung instan.
Tetapi membutuhkan proses 3 sd 5 hari kerja. Meskipun mungkin kenyataannya bisa saja lebih lama.
Komentar
Posting Komentar